Blog Widget by LinkWithin

Friday, March 19, 2010

Jemaah Jalan Kaki


Jemaah jalan kaki dari kl sedang bergerak di Samarahan. Memang mujahadah jalan kaki ni, bayangkanlah jemaah jalan kaki untuk tempoh 1 tahun seperti yang aku pernah jumpa kat Sudan yang panas hampir cecah 50 c. Duduk dalam masjid pun dah panas punggung apatah lagi dibawah panas matahari di padang pasir. Hanya dengan pengorbanan dan mujahadah hidayat tersebar. Semoga Allah pilih dengan jemaah jalan kaki. Cuma pernah buat haji dengan jemaah jalan kaki.

Cuba hayati hadis berikut:

1. Perang zaat'urriqa`


Hadis riwayat Abu Musa Radiallahu’anhu, ia berkata:

Kami berjumlah enam orang pernah berangkat bersama Rasulullah Sallallahu alaihi wassalam. dalam suatu peperangan. Kami hanya memiliki seekor unta yang kami tunggangi secara bergilir-gilir hingga mengelupaslah kulit-kulit tapak kaki kami ,begitu juga dengan kedua tapak kakiku bahkan kuku-kukuku banyak yang tanggal. Lalu kami pun membalut kaki-kaki kami dengan potongan kain, maka disebutlah perang Zaturriqa` (riqa` = potongan-potongan kain). Karena kami membalut kaki-kaki kami dengan potongan kain.

(Shahih Muslim No.3345)

2. Perang Uhud

Hadis riwayat Sahal bin Sa`ad Radiallahu’anhu:
Bahwa dia ditanya tentang luka Rasulullah Sallallahu alaihi wassalam. dalam perang Uhud, Sahal menjawab: Wajah Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam. terluka, gigi seri beliau patah serta topi perang beliau juga hancur. Fatimah puteri Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam. lalu membersihkan darah beliau sementara Ali bin Abu Thalib menuangkan air ke atas luka dengan menggunakan perisai. Ketika Fatimah melihat ternyata air hanya menambah pendarahan, ia lalu mengambil sepotong tikar dan membakarnya hingga menjadi abu. Kemudian Fatimah menempelkan abu tersebut pada luka beliau hingga berhentilah aliran darah itu.

(Shahih Muslim No.3345)

Hadis riwayat Abdullah bin Mas`ud Radhiyallahu’anhu, ia berkata:
Seakan-akan aku melihat Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam. tengah mengisahkan kisah seorang nabi yang dipukul oleh kaumnya sambil beliau mengusap darah dari wajahnya dan berdoa: Ya Tuhanku! Berilah ampunan kepada kaumku karena sesungguhnya mereka tidak mengetahui.

(Shahih Muslim No.3347)



2 comments:

Ziarah76 March 19, 2010 at 8:11 PM  

semoga Allah sebarkan hidayat

ابن زين الرمباوي March 20, 2010 at 7:51 AM  

terutama hidayat untuk mereka yang korban....

QURAN

  © ibnuzainrembawi Psi by ibnuzain.com 2009

Back to TOP